Pages

Ads

15 October 2008

Press Release dan Undangan Peluncuran Buku Camilla Gibb

PEREMPUAN DI ANTARA DUA DUNIA
Press Release dan Undangan Peluncuran Buku Camilla Gibb

Bekerja sama dengan Kedutaan Besar Kanada, Penerbit Mizan mengundang Anda dalam rangkaian tur sastrawan asal Kanada, Camilla Gibb. Kehadiran Anda kami nantikan di:

Ubud-Bali
Kamis 16 Oktober 2008 – pk. 17.00
“An Evening with Camilla Gibb”
Book Launch of Lilly
COMO SHAMBHALA RETREAT, UMA UBUD
Jalan Raya Sanggingan
Banjar Lungsiakan, Kedewatan
Ubud, Gianyar 80571
Bali, Indonesia

Yogyakarta
Senin 20 Oktober 2008 – pk. 09.30
“Lilly: Perempuan di Antara Dua Dunia”
Diskusi Buku dan Proses Kreatif Camilla Gibb
Pembicara:
Camilla Gibb (Penulis, sastrawan Kanada)
Afifah Afra (Penulis Forum Lingkar Pena)
Ruang Teatrikal – Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga
Jl. Marsda Adi Sucipto – Yogyakarta

Jakarta
Rabu 22 Oktober – pk. 09.30
“Lilly: Perempuan di Antara Dua Dunia”
Diskusi Buku dan Proses Kreatif Camilla Gibb
Pembicara:
Bersama Camilla Gibb (Penulis, sastrawan Kanada)
Asma Nadia (Penulis buku-buku bestseller)
Femmy Syahrani (Penulis dan Penerjemah Lilly)
Auditorium Student Center – UIN Syarif Hidayatullah
Jl. Ir. H. Juanda – Ciputat – Jakarta

Bandung
Jumat 24 Oktober 2008 – pk. 15.00
“Lilly: Perempuan di Antara Dua Dunia”
Diskusi Buku dan Proses Kreatif Camilla Gibb
Pembicara:
Camilla Gibb (Penulis, sastrawan Kanada)
Irfan Hidayatullah (Penulis, Ketua Umum Forum Lingkar Pena)
Femmy Syahrani (Penulis, Penerjemah Lilly)
Gedung Serba Guna Masjid Salman ITB
Jl. Ganesha 7 Bandung

Perempuan di Antara Dua Dunia. Julukan itu barangkali sesuai diberikan baik kepada Camilla Gibb maupun tokoh rekaannya dalam novel, Lilly. Lahir di London namun kemudian pindah untuk tinggal di Toronto, Kanada, Camilla Gibb secara tradisi lahir dalam keluarga Kristen, dan dibesarkan oleh seorang single mother yang pekerja keras. Pada saat kuliah-- Gibb adalah satu-satunya yang mengenyam bangku universitas dalam keluarganya- -ia tertarik antropologi dan mengantungi gelar BA di bidang antropologi dan studi Timur Tengah dari University of Toronto, dan Phd dari Oxford University Inggris (1997).

Ketika merampungkan S1-nya pada 1989, Gibb sempat kuliah selama satu tahun di American University of Cairo, Mesir. Ia secara terus terang mengatakan amat tertarik pada Islam. Ketertarikan yang katanya “...bermula karena Alquran.''

Kebetulan Camilla belajar bahasa Arab sebelum terbang ke Kairo. Dan ia pun membaca Alquran. ''Saya menemukan Alquran adalah buku yang luar biasa indah.. Juga luar biasa murni. Keindahan bahasa Alquran tidak pernah saya temukan di buku mana pun. Indah dan murni,'' tuturnya. Di Timur Tengah Gibb berdialog tentang Islam secara langsung dengan para Muslim. Ia menangkap bahwa Islam adalah sebuah tradisi dan agama yang kuat, kaya, dan komplet.

Interaksi Camilla Gibb dengan masyarakat Muslim inilah yang rupanya melatarbelakangi gagasannya dalam menulis novel Lilly: Pencarian Cinta Seorang Gadis Eropa di Etiopia,yang diterjemahkan Qanita dari karya yang berjudul Sweetness in the Belly.

Lilly, gadis rekaan Camilla dalam novel itu, menjadi yatim piatu saat kedua orangtuanya tewas secara misterius. Dia pun diangkat anak oleh seorang sufi Maroko, Abdal Akbar. Dua budaya yang amat berbeda membuat Lilly harus berjuang mengenal hidup.
Cukup lama Lilly merasa hampa dan terhantui kematian orangtuanya, sampai dia menemukan sosok kakak dalam diri Hussein. Hussein-lah yang menemaninya hijrah ke Harar, Etiopia, sebuah kota suci bertembok tempat bermukim para wali. Di sanalah Lilly belajar Islam dan menjadi guru mengaji Al Quran.
Namun, tibalah tahun 1984, ketika setengah juta orang mati kelaparan dan setengah juta lagi meninggalkan Etiopia. Lilly terpaksa harus mengungsi ke London. Berpisah dengan Hussein dan anak-anak didiknya adalah hal tersulit bagi Lilly karena dia juga harus berpisah dari Dr. Aziz Abdulnasser, dokter idealis yang mulai mengisi hatinya.
Novel Camilla Gibb ini meraih dua penghargaan sekaligus pada 2005 yaitu Trillium Book Award 2005 dan Giller Prize 2005. Camilla Gibb sendiri adalah penerima City of Toronto Book Award 2000 dan CBC Canadian Literary Award Short Fiction 2001.

Konfirmasi & Informasi
Fanfan F. Darmawan
0815 607 65 62

No comments: